Sabtu, 30 Juni 2012

Sejarah GMNI Cab. Palangka Raya


Sejarah GMNI Cab. Palangka Raya
oleh
Aryo Nugroho Waluyo
Setelah masa kepemimpinan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Palangka Raya telah usai pada tahun 2010, Yusup Roni Tamangung Singapuar di bantu rekannya Aryo, membuat organisasi baru sebagai lanjutan wadah perjuangan pergerakan mahasiswa di palangkaraya. Awalnya Aryo mengusulkan membentuk oraganisasi dengan nama Gerakan Mahasiswa Mandau Telawang, namun Yusup kurang sepakat dikarenakan gerakan Mandau Telawang sudah ada organisasinya dan menurut Yusup nama organisasi baru kita adalah Huma Itah yang berfilosofi huma betang.

Huma Itah dibentuk sekaligus mendeklrasikan diri di Anjungan Kotim 12 Juni 2011, dengan melaksanakan beberapa agenda pelatihan keorganisasian tingkat dasar. Banyak yang pesimis dengan kehadiran Huma Itah, namun apalah arti semua itu kami tetap berjalan dengan dorongan semangat kawan-kawan yang lain.

Beberapa bulan kemudian Yusup mengkhabarkan akan membangun kembali organisasi yang bersifat nasional yaitu Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). GMNI sebenarnya sudah ada di kota Palangka Raya sudah cukup lama, namun menjadi staknan dikarenakan kesibukan oleh kepengurusan yang terdahulu. Rencana membangun kembali GMNI dibumi tambun bungai tidak lepas dari bantuan kawan-kawan senior pergerakan yang lain salah satunya bung Moses.

Bung moses siap membantu sebisa mungkin untuk mengawal GMNI hadir kembali di Kota Palangka Raya dan secara umum di Kalimantan Tengah.

Syarat-Syarat untuk membangun kembali GMNI dimulai dari nol dimana pihak Presidum yang ada di Jakarta menginginkan adanya gambaran kondisi umum pergerakan mahasiswa khususnya di Kota Palangka Raya. Setelah kawan-kawan Palangkaraya di berikan tugas untuk membuat komposisi Dewan Pimpinan Cabang Crateker Palangka Raya. Setelah komposisi Dewan Pimpinan Cabang terbentuk langkah selanjutnya adalah melakukan Penerimaan Peserta Mahasiswa Baru (PPAB) dan membentuk crateker komisariat.

Pada tanggal 25 februari 2012, DPC GMNI Palangka Raya melakukan pelantikan dan deklrasi sekaligus pengkukuhan DPC GMNI Palangka Raya oleh Presidium pusat Twendy Noviady di dampingin oleh skretaris jendral Presidum Syaiful Anam, diaula Universitas Palangka Raya.
GMNI di bumi tambung bungai sudah mempunyai beberapa sktariat baik ditingkat Universitas maupun tingkat jurusan, diantaranya :
1.       Komsariat Universitas Palangka Raya
2.       Komsariat Universitas Kristen Palangka Raya
3.       Komsariat Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Palangka Raya
4.       Komsariat Fakultas Pendidikan dan Keguruan Universitas Palangka Raya
5.       Komasariat Faklutas Ekonomi Universitas Palangka Raya
6.       Komsariat Faklutas Ilmu politik dan Sosial Universitas Palangka Raya
7.       Komsariat Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya
8.       Komsariat Jurusan Mate-matika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Palangka Raya

GMNI pun mempunyai satu cabang di Kabupaten Kapuas.

Pada malam hari tadi GMNI cab. Palangka Raya telah selesai melaksanakan Kaderisasi Tingkat Dasar I.
Semoga Perjuangan Ini tetap terkonsulidasi dengan baik demi mewujudkan sosialisme Indonesia yang hakiki, sesuai cita-cita Bung Karno.

Sahabatmu Aryo, salam Merdeka !!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar